HASIL PENILAIAN SRJM 2019

By BPH matematika - Sabtu, Juni 29, 2019


STANDAR PENILAIAN PROGRAM KERJA

A.      KEPANITIAAN

Kepanitian program kerja dinilai dengan indicator sebagai berikut:

PENILAIAN PRA ACARA
No
FAKTOR
INDIKATOR YANG DINILAI
BOBOT
1
Kepanitiaan

-  Kepanitiaan dilaunching minimal 3 minggu sebelum pelaksanaan program kerja.
15
-  Pemberitahuan pengadaan kegiatan oleh  panitia  acara kepada Badan Pengawas Himatika FMIPA Unnes.
15
2
Dana
-  Proporsi jumlah dana yang digunakan
20
-  Kesesuaian sumber dana yang digunakan
(Jika dana yang digunakan dari sponsor atau danus lebih besar maka diberikan skor yang besar, jika dana yang digunakan dari dana kemahasiswaan lebih besar maka diberikan nilai yang semakin kecil. Jika tidak ada sponsorship atau danus, diberi skor 0*))

3
Sosialisasi Acara
-  Publikasi acara
15
-  Macam dan jumlah media publikasi yang digunakan
12
PENILAIAN PELAKSANAAN ACARA
4
Peserta
-  Jumlah peserta yang hadir
20
5
Acara
-  Kesesuaian waktu realisasi program kerja dengan rancangan waktu pelaksanaan
30
-  Kesesuaian kegiatan dengan kebutuhan  yang diperlukan mahasiswa
20
-  Kinerja panitia dalam pelaksanaan acara
14
-  Kesesuaian TIK konsep dengan eksekusi program kerja
15
PENILAIAN PASCA ACARA
6
Acara
-  Tujuan dari acara tercapai
20
7
Publikasi
-  Press release acara pasca realisasi program kerja
10
8
Dana
-  Kondisi pendanaan pasca pelaksanaan program kerja disesuaikan dengan anggaran yang telah ditentukan
(Jika dalam kepanitiaan terdapat bazaar dan atau sponsorship, maka skor semakin tinggi apabila surplus, dan semakin rendah apabila defisit. Jika dalam kepatitiaan tidak terdapat keduanya, maka skor semakin rendah apabila rentang surplus/defisit semakin jauh dari 0 dan semakin tinggi apabila mendekati 0)
17
9
Evaluasi
-  Kesesuaian waktu
(Bila evaluasi dilaksanakan tidak berselang terlalu lama dengan waktu pelaksanaan. Semakin panjang rentang waktu evaluasi, skor semakin rendah)
11
-  Jumlah kehadiran panitia saat evaluasi
8
Total
242

Kelebihan pelaksanaan program kerja:

1.      Terdapat progres dibanding tahun lalu dalam pemilihan jenjang sekolah.

2.      Sesuai dengan prospek jurusan matematikaterutama pendidikan matematika.

3.      Fasilitas motor untuk tentor tercukupi.



Kekurangan pelaksanaan program kerja:

1.      Publikasi acara melebihi waktu yg seharusnya.

2.      Perubahan jadwal yang mendadak.

3.      Kurangnya koordinasi dengan pihak sekolah.

4.       Ada beberapa kelas yang perlengkapannya kurang.



B.       PESERTA

Peserta acara dinilai melalui angket sebagai berikut :



ANGKET   KEPUASAN   PROGRAM   KERJA  KEGIATAN  HIMATIKA   FMIPA UNNES
No
PERNYATAAN
SS
S
TS
STS
1
Tujuan acara ini positif
40
2


2
Anda merasa puas dengan pelaksanaan acara secara keseluruhan
11
26
4
1
3
Hari pelaksanaan acara tepat
8
22
12

4
Acara  dilaksanakan tepat waktu
5
25
13

5
Pemilihan tempat pelaksanaan tepat
8
29
5

6
Fasilitas tempat pelaksanaan dapat digunakan dengan baik
6
32
4

7
Acara berjalan sesuai dengan yang anda harapkan
11
27
4

8
Panitia bekerja dengan maksimal selama  pelaksanaan acara
13
28
1

9
Panitia melayani dengan baik dan ramah
15
26
1

10
Biaya yang anda keluarkan sepadan dengan hasil yang Anda peroleh
20
20
2

11
Acara ini memberikan manfaat bagi Anda
26
16


12
Informasi mengenai acara ini mudah didapatkan
15
25
2

13
Acara seperti ini harus sering diadakan
21
17
4




1.      Apa manfaat yang Anda peroleh dengan mengikuti acara ini?

– Mengetahui tentang kurikulum

-          Paham apa yang dikeluh kesahkan yang ada di  jurusan matematika

-          Mengetahui beberapa peraturan mengenai akademik

-          Mengetahui tentang sistem di jurusan

-          Mengenal lebih dalam tentang jurusan

-          Mengetahui aspirasi dari mahasiswa dan respon dosen

-          Mengetahui kritik dari dosen kemahasiswa  dan sebaliknya

-          Dapat menyampaikan aspirasi

-          Mengetahui hal-hal yang masih sering dibingungkan, jadi lebih paham

-          Mengerti apa yang diharapkan baik dari mahasiswa maupun dosen

-          Dapat menyampaikan masalah mahasiswa dan diberi solusi oleh dosen begitu sebaliknya

-          Mengetahui info terbaru jurusan

-          Bersilaturahmi dengan teman beda angkatan dan bapak/ibu dosen

-          Mengetahui situasi dan kondisi di sekitar jurusan matematika

-          Dapat berkomentar langsung mengenai sarana dan prasarana serta pembelajaran di jurusan matematika

-          Lebih tau tentang perkuliahan dengan adanya interaksi antar mahasiswa dan dosen

-          Mengetahui alas an kebijakan pemeblajaran di  jurusan matematika seperti belajar online

-          Mengetahui fasilitas yang tidak digunakan dan berfungsi

-          Ada  waktu untuk diskusi bersama dosen

-          Kurang, karena mahasisawa matematika kurang sefase , gak bareng-bareng satu suara

-          Mengetahui kritik dan  saran dari dosen untuk mahasiswa

-          Dapat lebih mengenal karakter dosen dan tenaga didik

-          Mengetahui dan menyelesaikan problema yang dihadapi dosen dan mahasiswa

-          Mengetahui kebijakan-kebijakan jurusan

-          Dapat menyampaikan kritik, saran, masukan mengenai perkuliahan, sarana, dan prasarana di  jurusan matematika

-          Mengetahui system kerjad osen, mahasiswa di jurusan matematika

-          Dapat menyalurkan keluhan dan aspirasi sebagai mahasiswa matematika

-          Menjadi lebih tau tentang masalah jurusan matematika

2.      Bagaimana pelayanan yang diberikan panitia?

– Mantap

-          Semangat,  baik

-          Cukup

-          Sangat ramah, murah senyum, memberikan fasilitas baik

-          Peserta banyak berarti promosinya berjalan dengan baik, pelayanan baik, panitia ramah

-          Ramah, baik

-          Panitia ramah, sangat baik, memberikan suguhan dan tempat duduk yang baik

-          Panitia gercep

-          Panitia sudah melayani dengan baik

-          Baik, kece, tidak usah kebanyakan baca hasil angket

-          Sudah baik, untuk tempat lebih diperhatiakan lagi karena kursi yang disedikan untuk peserta terbatas

-          Panitia sudah cukup baik, ramah, sudah cukup tanggap

3.      Kritik dan Saran

– Ngomongin selain prestasi

-          Untuk SRJM 2019 tolong dalam  pencarian tempat lebih diperhatikan lagi

-          Posisinya kurang pas

-          Tahun depan acara dilaksanakan tepat waktu

-          Alangkah baiknya moderator yang sudah lancer dalam acara seperti ini

-          PPT stastistik bagian keterangan di perbaiki jangan 1, 2, 3, 4 tapi ditulis baik, sangatbaik, dll

-          Tingkatkan lagi acaranya

-          Makanan nambah dong

-          Pelaksanaan molor sehingga waktunya kurang efektif

-          Fasilitas buat peserta ditambahi

-          Semoga acara ini dapat dilaksanakan 1 semester 2 kali

-          Pembacaan data di ppt lebih diperindah agar jelas

-          Acara diadakan lebih “attractive” lagi agar tidak monoton

-          Kursinya ditambah, cukupbaik menggunakan bahasa jawa

-          Bisa diperkirakan lagi berapa jumlah peserta dankursi yang disediakan

-          Waktu pelaksanaan harus sesuai

-          Penataan kursi lebih disesuaikan dengan perkiraan banyaknya peserta yang akan hadir

-          Kumpulkanm ahasiswa mat untuk menyampaikan apa yang urgent, yang kita butuhkan, breafing dulu, banyakin diskusi

-          Lebih focus pada tujuan acara ini

-          Hal yang dibahas spesifik

-          Lebih dibnyakin kursi untuk tempat duduk mahasiswa

-          Penayangan  video  dengan narrator hamper bebarengan

-          Ppt lebih dijelaskan secara rinci, memperhatikan tempat, gencarkan publikasi karna yang dating belum mewakili mahasiswa matematika (hanya angkatan tertentu saja)

-          Backdrop miring, penanyangan statistic perlu keterangan tambahan

-          Penataan tempat duduk audien bias ditata kembali

-          Acaranya sudah baik, pemilihan hari kurang tepat sehingga bapak/ibu dosen tidak bias hadir seluruhnya

-          Konsepan diskusi kurang mengalir

-          Pelaksanaan hari jangan saat ada kuliah

-          Acara dilaksanakan tidak di hari kuliah

-          Cari hari pelaksanaan yang pas

-          Waktu untuk diskusi di perbanyak

-          Hari pelaksanakan kurang tepat, mohon diperbaiki

-          Ppt Indonesia raya, kata negri itu salah yang benar negeri

-          Persiapan panitia kurang pada saat pembukaan



TATA CARA PENILAIAN

a.    Penilaian kepanitian acara dilakukan dengan metode scoring dengan rumus sebagai berikut :

Skor Kepanitiaan =  

b.   Penilaian peserta menggunakan metode angket, peserta memilih jawaban yang disediakan dalam angket.

JAWABAN
BOBOT
SangatSetuju (SS)
4
Setuju (S)
3
TidakSetuju (TS)
2
SangatTidakSetuju (STS)
1

Skor Peserta = x 100=  

c.    Penilaian akhir dilakukan dengan cara :

Skor akhir =

Setelah skor akhir didapatkan, skor diklasifikasikan kedalam skala berikut :

SKOR
Kategori
0 – 20
SangatBuruk
21 – 40
Buruk
41 - 60
Cukup
61 - 80
Baik
81 - 100
SangatBaik


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar