Hasil Penilaian GRAVIKA 2022

By BPH matematika - Kamis, Januari 12, 2023

STANDAR PENILAIAN PROGRAM KERJA GRAVIKA 2022

A.      KEPANITIAAN

Kepanitian program kerja dinilai dengan indikator sebagai berikut:

PENILAIAN PRA ACARA

No

FAKTOR

INDIKATOR YANG DINILAI

BOBOT

1

Kepanitiaan

 

Kepanitiaan dilaunching minimal 3 minggu sebelum pelaksanaan program kerja.

15

Pemberitahuan pengadaan kegiatan oleh  panitia  acara kepada Badan Pengawas Himatika FMIPA Unnes.

15

2

Dana

Proporsi jumlah dana yang digunakan

20

Kesesuaian sumber dana yang digunakan

(Jika dana yang digunakan dari sponsor atau danus lebih besar maka diberikan skor yang besar, jika dana yang digunakan dari dana kemahasiswaan lebih besar maka diberikan nilai yang semakin kecil. Jika tidak ada sponsorship atau danus, diberi skor 0*)

0

3

Sosialisasi Acara

Publikasi acara

15

Macam dan jumlah media publikasi yang digunakan

10

PENILAIAN PELAKSANAAN ACARA

4

Peserta

Jumlah peserta yang hadir

19,95

5

Acara

Kesesuaian waktu realisasi program kerja dengan rancangan waktu pelaksanaan

27

Kesesuaian kegiatan dengan kebutuhan  yang diperlukan mahasiswa

20

Kinerja panitia dalam pelaksanaan acara

17

Kesesuaian TIK konsep dengan eksekusi program kerja

13

PENILAIAN PASCA ACARA

6

Acara

Tujuan dari acara tercapai

20,57

7

Publikasi

Press release acara pasca realisasi program kerja

8

8

Dana

Kondisi pendanaan pasca pelaksanaan program kerja disesuaikan dengan anggaran yang telah ditentukan

(Jika dalam kepanitiaan terdapat bazaar dan atau sponsorship, maka skor semakin tinggi apabila surplus, dan semakin rendah apabila defisit. Jika dalam kepatitiaan tidak terdapat keduanya, maka skor semakin rendah apabila rentang surplus/defisit semakin jauh dari 0 dan semakin tinggi apabila mendekati 0)

20

9

Evaluasi

Kesesuaian waktu

(Bila evaluasi dilaksanakan tidak berselang terlalu lama dengan waktu pelaksanaan. Semakin panjang rentang waktu evaluasi, skor semakin rendah)

7

Jumlah kehadiran panitia saat evaluasi

25

 

 

Kesesuaian waktu pengumpulan LK yang telah ditentukan

5

 

 

Kesesuaian waktu penyelesaian sertifikat jika ada

5

Total

257,52

B.       PESERTA

Peserta acara dinilai melalui angket sebagai berikut :

Petunjuk Pengisian :

1.      Tuliskan identitas anda pada tempat yang tersedia.

2.      Bacalah pernyataan-pernyataan dalam angket di bawah ini secara teliti dan cermat.

3.      Berilah tanda centang (√) pada kolom yang paling sesuai menurut Anda.

Keterangan pilihan jawaban :

SS        = Sangat Setuju

S          = Setuju

TS        = Tidak Setuju

STS     = Sangat Tidak Setuju

 

 

ANGKET   KEPUASAN   PROGRAM   KERJA  KEGIATAN  HIMATIKA   FMIPA UNNES

No

PERNYATAAN

SS

S

TS

STS

1

Tujuan acara ini positif

178

100

2

0

2

Anda merasa puas dengan pelaksanaan acara secara keseluruhan

87

169

24

0

3

Hari pelaksanaan acara tepat

150

121

7

2

4

Acara  dilaksanakan tepat waktu

114

137

25

4

5

Pemilihan media pelaksanaan tepat

101

167

11

1

6

Fasilitas media pelaksanaan dapat digunakan dengan baik

104

163

13

0

7

Acara berjalan sesuai dengan yang anda harapkan

84

160

34

2

8

Panitia bekerja dengan maksimal selama pelaksanaan acara

151

125

4

0

9

Panitia melayani dengan baik dan ramah

164

105

9

2

10

Acara ini memberikan manfaat bagi Anda

139

129

12

0

11

Informasi mengenai acara ini mudah didapatkan

135

125

18

2

12

Acara seperti ini harus sering diadakan

178

100

2

0

Apa manfaat yang Anda peroleh dengan mengikuti acara ini?

Banyak, diantara lain mengenal kehidupan kampus, lebih akrab dengan teman dan mengetahui Jurmat lebih aik

 

Bagaimana pelayanan yang diberikan panitia?

Baik, cukup bagus, dan sangat ramah.

 

Menurut Anda, apakah acara seperti ini perlu diadakan kembali di masa mendatang? (Ya/Tidak) Berikan Alasanmu!

Ya, karena bermanfaat untuk mahasiswa baru.

 

Kritik dan Saran

Penugasan terlalu banyak, mohon dipertimbangkan. Lagi waktu dan banyak penugasan yang diberikan karena bertabrakan dengan tugas kuliah. Tolong bisa diberikan konsumsi untuk peserta karena acara diadakan secara luring.

 

KRITIK

1.      Briefing panitia belum siap.

2.      MMT yang digunakan saat pelaksanaan acara terlalu kecil ukurannya.

3.      Dresscode antara panitia dan peserta hampir sama.

4.      Sie Acara kurang mengondisikan para peserta.

5.      Tidak disediakannya podium.

6.      Tidak adanya pengondisian terkait tas peserta di awal acara.

7.      Kurang koordinasinya dengan jurusan lain terkait tempat pelaksanaannya.

8.      Tidak ada stand untuk pengenalan lembaga kemahasiswaan dan underbow.

9.      Di estimasi dana tidak ada P3K, tetapi pada hari-H ada.

10.  Pembacaan nama kelompok tidak menggunakan lafal Bahasa Inggris.

11.  Saat berlangsungnya acara, beberapa panitia banyak yang mondar-mandir.

12.  Tidak adanya konsumsi untuk para tamu undangan dari lembaga kemahasiswaan dan underbow.

13.  Untuk sesi outbond juga itu molornya terlalu lama karena kelamaan dalam pengondisian peserta.

 

SARAN

1.      Sebaiknya saat briefing, seluruh panitia sudah mempersiapkan segala kebutuhan acara.

2.      Panitia harus sudah mengondisikan MMT yang digunakan agar sesuai dengan tempat pelaksanaan.

3.      Lebih baik dresscode antara panitia dan peserta dibedakan, agar tidak membingungkan.

4.      Berlangsungnya acara sebaiknya para peserta dapat dikondisikan dengan baik.

5.   Untuk ke depannya bisa disediakan podium agar mahasiswa yang di belakang juga bisa liat terutama pas sambutan.

6.   Untuk para peserta bisa diminta untuk menaruh tas dan mengambil barang di awal agar bisa langsung fokus ke upacara dan agenda selanjutnya agar tetap kondusif.

7.      Koordinasi dengan jurusan lain perlu ditingkatin lagi, apabila di tanggal sekian tempatnya dipakai bisa dikoordinasiin sebisa mungkin bersih tempatnya dan tidak ada motor jadi dari jurusan lain pun bisa tau dan bisa parkir di tempat lain.

8.    Perlunya stand saat pengenalan lembaga kemahasiswaan dan Underbow agar peserta tahu tempat yang dikunjunginya itu stand dari lembaga kemahasiswaan dan underbow apa saja.

9.    Perlu dipersiapkan lagi kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan dan menyangkut anggaran dana.

10. Jika penamaan kelompok dengan bahasa inggris, maka pembacaan nama kelompok juga harus bahasa inggris.

11.  Untuk ke depannya apabila ada acara, saat acara berlangsung panitia jangan sering mondar-mandir keluar masuk lewat depan para peserta.

12.  Mungkin estimasi dana bisa diperhitungkan lagi agar tamu undangan juga dapat konsumsi.

13.  Panitia harus secara sigap untuk mengondisikan peserta.

 

KELEBIHAN

1.      Acara sudah diadakan secara hybrid dan tidak sepenuhnya daring. Sehingga membuka kesempatan untuk mahasiswa merasakan kegiatan secara langsung.

2.    Pelaksanaan acara memberikan umpan balik yang baik bagi mahasiswa terkait pengenalan dosen, gedung, dan lembaga kemahasiswaan sehingga peserta dapat mengetahui apa saja yang ada di dalam lingkungan Jurusan Matematika.

 

KEKURANGAN

1.   Panitia masih kurang persiapan dalam konsep kegiatan secara offline perdana setelah pandemi.

2.   Konsep acara masih relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya dan belum ada inovasi yang berbeda

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar