Cara Menghilangkan Kantuk Saat Kuliah

By BPH matematika - Kamis, September 20, 2012




Setelah kurang lebih 1 setengah tahun duduk di bangku kuliah, akhirnya aku dapat menyimpulkan beberapa cara jitu untuk menghilangkan rasa kantuk yang sering dialami setiap mahasiswa pada saat menjalani kuliah diatas jam satu siang. Pada dasarnya cara – cara ini biasa kita lakukan setip hari. Oleh karena itu pastilah akan mudah untuk dijalankan tanpa kesukaran dalam mengaplikasikannya. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebelum masuk kelas :
Makan Siang. Dengan makan siang, energi yang telah habis dipakai dari pagi hingga siang dapat diisi kembali.
Minum miniman yang manis (yang hangat dianjurkan). Gula mengadung glukosa. Kemudian glukosa tersebut akan dirubah menjadi energi. (aku tidak tahu persisnya. Soalnya aku tidak begitu tahu Biologi. Tapi intinya sudah benar kog.)
Cuci Muka (Berwudhu dilanjutkan dengan Sholat Duhur bagi yang muslim). Cuci muka atau berwudhu dapat menyegarkan pandangan dan pikiran. Apalagi cuci muka dengan menggunakan sabun.


Itu yang perlu dilakukan sebelum masuk kelas. Apabila sudah masuk kelas namun rasa kantuk masih datang kembali, berikut cara – cara untuk mengatasinya :
Minta ijin ke Dosen untuk cuci muka
Benarkan posisi duduk anda ke posisi duduk yang ideal dengan kedua telapak kaki menginjak ke lantai, punggung lurus dan kepala tegak. Lalu remas – remas kedua tepak tangan sembil menghirup udara secara perlahan (mengatur pernapasan).


Demikian tips untuk menghilangkan rasa kantuk. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar