Profil Calon Presiden 2014

By BPH matematika - Rabu, Juni 04, 2014





Pemilihan umum Presiden Indonesia selanjutnya akan digelar pada tanggal 9 Juli 2014. Pemilihan ini akan menjadipemilihan presiden langsung ketiga di Indonesia, dan akan memilih seorang presiden untuk masa jabatan lima tahun.Petahana Susilo Bambang Yudhoyono tidak dapat maju kembali dalam pemilihan ini karena dicegah oleh undang-undang yang melarang periode ketiga untuk seorang presiden. Menurut UU Pemilu 2008, hanya partai yang menguasai lebih dari 20% kursi di Dewan Perwakilan Rakyat atau memenangi 25% suara populer dapat mengajukan kandidatnya. Undang-undang ini sempat digugat di Mahkamah Konstitusi, namun pada bulan Januari 2014, Mahkamah memutuskan undang-undang tersebut tetap berlaku.

Pasangan calon terpilih adalah pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 50% dari jumlah suara dengan sedikitnya 20% suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari 50% jumlah provinsi di Indonesia. Dalam hal tidak ada pasangan calon yang perolehan suaranya memenuhi persyaratan tersebut, 2 pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua dipilih kembali dalam pemilihan umum (putaran kedua). Dalam hal perolehan suara terbanyak dengan jumlah yang sama diperoleh oleh 2 pasangan calon, kedua pasangan calon tersebut dipilih kembali oleh rakyat dalam pemilihan umum. Dalam hal perolehan suara terbanyak dengan jumlah yang sama diperoleh oleh 3 pasangan calon atau lebih, penentuan peringkat pertama dan kedua dilakukan berdasarkan persebaran wilayah perolehan suara yang lebih luas secara berjenjang. Dalam hal perolehan suara terbanyak kedua dengan jumlah yang sama diperoleh oleh lebih dari 1 pasangan calon, penentuannya dilakukan berdasarkan persebaran wilayah perolehan suara yang lebih luas secara berjenjang.

Jadwal pemilu 2014 dapat kalian lihat di http://www.pemilu.com/jadwal-pemilu-2014/

Sekarang sudah di tentukan 2 kandidat calon presiden yang akan maju pada pilpres 9 juli nanti. Kali ini mimin akan mengulas profil umum tentang calon itu.

no urut 1 ada PRABOWO-HATTA
dengan presidennya 


Nama Lengkap : Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Panggilan : Prabowo Subianto
Agama : Islam
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : 17 Oktober 1951
Zodiac : Libra
Hobby : Membaca
Pasangan : Siti Hediati Hariyadi (Mantan)
Anak : Didit Prabowo
Partai Politik : Partai Gerindra

Prabowo Subianto adalah putra dari Soemitro Djojohadikusumo, mantan Menteri Keuangan era Ir. Soekarno dan mantan Menteri. Alumnus Akademi Militer Nasional Magelang tahun 1974 itu, kariernya kian melejit setelah menyandang julukan the brightest star, jenderal termuda karena meraih tiga bintang pada usia 46 tahun.
Pada 1996, dia menjabat Komandan Jenderal Kopassus dan aktif memelopori pemekaran satuan baret merah. Dua tahun kemudian, ayah satu anak ini dipromosikan menjadi Panglima Kostrad. Prabowo dikenal sebagai teman dekat B.J Habibie, tetapi Habibie mendepaknya, sehari setelah Soeharto lengser. Dia dipersalahkan atas tragedi kerusuhan massal 13-15 Mei 1998. Namun, Tim Gabungan Pencari Fakta (TPFG) tak menemukan bukti konklusif atas tuduhan bahwa dia otak di balik kerusuhan itu.
Tahun 2004, nama Prabowo muncul sebagai kandidat Presiden dari Partai Golkar. Sayang, anggota Dewan Penasihat Golkar itu terhenti langkahnya, karena partai berlambang pohon beringin lebih memilih Jenderal Wiranto. Dan pada 2008, mantan menantu Soeharto itu makin berkibar di panggung politik melalui Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) yang mengusungnya sebagai calon Presiden pada Pemilu Presiden tahun 2009 berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri, meski akhirnya kandas juga.

Pendidikan
· 1969 SMA: American School di London, Inggris
· 1974 Alumnus Akabri Magelang
· Sekolah Staf Dan Komando TNI-AD

Karir & Organisasi
· 1996-1998 Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus
· 1998 Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat
· 1998 Komandan Sekolah Staf Dan Komando ABRI
· 2004-sekarang Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia
· 2007-sekarang Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia
· 2008-sekarang Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia
· 2008-sekarang Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya



dan yang menjadi wakil


Nama Lengkap : Hatta Rajasa
Panggilan : Hatta | Rajasa
Agama : Islam
Tempat Lahir : Palembang, Sumatera Selatan
Tanggal Lahir : 18 Desember 1953
Zodiac : Sagitarius
Hobby : Membaca
Pasangan : Drg. Oktiniwati Ulfa Dariah Rajasa
Anak : Reza, Siti Rubi Aliya Rajasa, Azimah, Rasyid
Partai Politik : Partai PAN


Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 18 Desember 1953 ini pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (2007-2009), Menteri Perhubungan (2004-2007), dan Menteri Negara Riset dan Teknologi(2001-2004) dan pada tahun 2009-2014 menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu II.

Masa jabatannya sebagai Menteri Perhubungan ditandai dengan beberapa kecelakaan transportasi yang menonjol, di antaranya musibah Mandala Airlines Penerbangan 91, Kecelakaan KM Digoel, Musibah KM Senopati Nusantara, Adam Air Penerbangan 574, dan Garuda Indonesia Penerbangan 200.

Ketika masih kuliah di ITB, Hatta aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, sebagai Waka Himpunan Mahasiswa Tehnik Perminyakan ITB dan Senator Mahasiswa ITB. Selain itu, semasa kuliah, ia juga sempat menjadi aktivis Masjid Salman Bandung.

Pada 9 Januari 2010, secara aklamasi, Hatta Rajasa terpilih sebagai Ketua Umum DPP PAN periode 2010-2015 menggantikan Soetrisno Bachir. Besan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini juga terpilih sebagai bakal calon presiden dalam pemilu 2014. Hal tersebut diungkapkan dalam Rapat Kerja Nasional PAN 2011 di Jakarta.

Hubungan baik tersebut tak hanya dari status besan. Kedekatan mereka menarik perhatian karena hubungan keduaorangtuanya dikancah politik dan pemerintahan. Hatta dikenal sebagai menteri yang cukup dekat dengan SBY, bahkan kerap menjadi utusan penghubung silahturahmi politik SBY dengan lawan politiknya. Bahkan, banyak yang menyebut pernikahan putri Hatta dengan putra bungsu SBY merupakan perkawinan politik.

Pada mulanya dia menjabat Ketua Departemen Sumber Daya Alam dan Enerji di PAN. Kemudian, setelah kongres I, terpilih menjadi Sekjen. Pada Pemilu 1999, ia pun terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari PAN, dari wilayah pemilihan Bandung. Di lembaga legislatif itu, dia terpilih menjadi ketua Fraksi Reformasi DPR.

Pendidikan
Insinyur Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Karir
2010-sekarang: Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional
2009-sekarang: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu II
2007-2009: Menteri Sekretaris Negara Kabinet Indonesia Bersatu 
2004-2007: Menteri Perhubungan Kabinet Indonesia Bersatu 
2001-2004: Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Gotong Royong 
2000-2005: Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (DPP-PAN) 
1999-2000: Ketua Fraksi Partai Reformasi DPR-RI. 
1982-2000: Presiden Direktur Arthindo 
1980-1983: Wakil Manager teknis PT. Meta Epsi 
1977-1978: Teknisi Lapangan PT. Bina Patra Jaya 

Penghargaan
“Bintang Mahaputera Adipradana” – Pemerintah Republik Indonesia (2013)
“Narasumber/Pejabat Yang Paling Mudah Dihubungi Wartawan” – Persatuan Wartawan Indonesia Jaya (2013)
“Economic Booster of The Year” – Indonesia Property&Bank (2013) 
“Reformasi Award” – Pro Democracy (2013) 
“Pemimpin Pembangunan Ekonomi Nasional” – Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Jawa Timur (2013) 
“The Rising Stars’s Men Obsession’s 9 Young Leaders 2013-2014″ – Men Obsession’s (2013) 
“Gwanghwa Medal” – The first rank of the Order Of Diplomatic Service Merit, Republic of Korea Jakarta (2012) 
“Pemimpin Perubahan 2011″ – Republika (2011) 
“Public Policy Award” – Asia Society (2011) 
“Ganesha Prajamanggala Bakti Kencana” – Institut Teknologi Bandung (2011) 
“Charta Politica Award” – (2010) 
“Ganesha Prajamanggala Bakti Adiutama” – Institut Teknologi Bandung (2009) 


no urut 2 ada JOKOWI-JK

dengan presidennya 



Nama Lengkap : Joko Widodo
Panggilan : Jokowi
Agama : Islam
Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : Rabu, 21 Juni 1961
Zodiac : Gemini
Hobby : Membaca, Traveling
Pasangan : Iriana Joko Widodo
Anak : Kaesang Pangarep, Kahiyang Ayu, Gibran Rakabuming Raka
Partai Politik : PDI Perjuangan

Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Pada awalnya banyak orang yang meragukan kemampuan sosok yang sebelumnya merupakan pengusaha mebel ini saat terpilih menjadi Walikota Solo. Namun gebrakannya dalam memimpin serta pendekatan pada masalah kemasyarakatan membuat Jokowi begitu dikagumi oleh masyarakat. Dia berhasil mengembangkan Solo yang buruk penataannya dan di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami perubahan dan menjadi kajian di universitas luar negeri.

Jokowi menjadi walikota Kota Surakarta (Solo) untuk 2 kali masa bakti 2005-2015. Wakil walikotanya adalah F.X. Hadi Rudyatmo.

Jokowi kemudian mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya. Setelah melalui pemilihan 2 putaran pasangan Jokowi-Basuki berhasil menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta mulai dari 15 Oktober 2012.

Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta berhasil mendapatkan dukungan dari masyarakat yang bernama “Relawan Jokowi” dimana kelompok masyarakat tersebut mendukung Jokowi untuk mencalonkan diri menjadi Presiden RI pada pemilu 2014.

Pendidikan
· SMP Negeri 1 Surakarta
· SMA Negeri 6 Surakarta
· S-1 Kehutanan Universitas Gajah Mada

Karir & Organisasi
· Pengusaha Meubel
· 2005-2012 Walikota Surakarta
· 2012-2017 Gubernur DKI Jakarta




dan yang menjadi wakil



Nama Lengkap : Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla
Panggilan : Jusuf Kalla (JK)
Agama : Islam
Tempat Lahir : Bone, Sulawesi Selatan
Tanggal Lahir : 15 Mei 1942
Zodiac : Taurus
Hobby : Membaca
Pasangan : Mufidah Miad Saad
Anak : Muchlisa Kalla, Muswirah Imelda Kalla, Solichin Kalla, Chaerani Kalla
Partai Politik : Partai Golkar

Muhammad Jusuf Kalla (JK) merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara, pasangan Haji Kalla dan Athirah, pengusaha keturunan Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Bisnis keluarga Kalla tersebut meliputi beberapa kelompok perusahaan di berbagai bidang industri. Tahun 1968, Jusuf Kalla menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla berkembang dari sekedar bisnis ekspor-impor, meluas ke bidang-bidang perhotelan, konstruksi, pejualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi.

Usai menamatkan pendidikannya di The European Institute of Business Administration, Perancis tahun 1977, JK ssempat menjabat sebagai menteri di era pemerintahan Abdurrahman Wahid, tetapi diberhentikan dengan tuduhan terlibat KKN. JK kembali diangkat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri, tapi kemudian mengundurkan diri karena maju sebagai calon wakil presiden, mendampingi calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Karir politiknya terbilang cukup bagus, ia sempat menduduki kursi ketua umum Partai Golongan Karya menggantikan Akbar Tanjung sejak Desember 2004 hingga 9 Oktober 2009. Saat ini, melalui Munas Palang Merah Indonesia (PMI) ke XIX, JK terpilih menjadi ketua umum PMI untuk periode 2009-2014. Selain itu dia juga terpilih sebagai ketua umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia periode 2012-2017 dalam Muktamar VI DMI di Jakarta.

Pendidikan
· S-1 Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanudin Makasar
· The European Institute of Business Administration Fountainebleu, Prancis

Karir & Organisasi
· 1965-1968 Anggota DPRD Sulawesi Selatan, Partai Golkar
· 1968-2001 Direktur Utama NV Hadji Kalla
· 1969-2001 Direktur Utama PT. Bumi Karsa
· 1982–1999 Anggota MPR RI
· 1985-1995 Ketua Umum ISEI Sulawesi Selatan
· 1985–1997 Ketua Umum KADIN Sulawesi Selatan
· 1987-2000 Wakil Ketua ISEI Pusat
· 1988-2001 Direktur Utama PT. Bumi Sarana Utama
· 1988-2001 Komisaris Utama PT. Bukaka Teknik Utama
· 1992–sekarang Ketua IKA-UNHAS
· 1993-2001 Direktur Utama PT. Kalla Inti Karsa
· 1995-2001 Komisaris Utama PT. Bukaka Singtel International Organisasi
· 1997-2002 Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia
· 1999-2000 Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia
· 2001-2004 Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat
· 2000–sekarang Anggota Dewan Penasehat ISEI Pusat
· 2004-2009 Ketua Umum DPP Partai Golkar
· 2004-2009 Wakil Presiden Republik Indonesia
· 2009-sekarang Ketua Umum Palang Merah indonesia



nah mimin sudah ngasih tau kalian tentang profil calon presiden dan wakilnya. mimin harap kalian mengerti betul dan bisa memilih presiden yang baik demi Indonesia 5 tahun ke depan

thank :D

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar