STANDAR
PENILAIAN PROGRAM KERJA
A. KEPANITIAAN
Kepanitian program kerja dinilai dengan indikator sebagai berikut :
PENILAIAN PRA
ACARA |
|||
No |
FAKTOR |
INDIKATOR
YANG DINILAI |
BOBOT |
1 |
Kepanitiaan |
-
Kepanitiaan dilaunching
minimal 3 minggu sebelum pelaksanaan program kerja. |
15 |
-
Pemberitahuan pengadaan kegiatan oleh panitia
acara kepada Badan Pengawas Himatika FMIPA Unnes. |
15 |
||
2 |
Dana |
-
Proporsi jumlah dana yang digunakan |
10 |
- Kesesuaian
sumber dana yang digunakan (Jika
dana yang digunakan dari sponsor atau danus lebih besar maka diberikan skor
yang besar, jika dana yang digunakan dari dana kemahasiswaan lebih besar maka
diberikan nilai yang semakin kecil. Jika tidak ada sponsorship atau danus,
diberi skor 0*)) |
5 |
||
3 |
Sosialisasi Acara |
-
Publikasi acara |
15 |
-
Macam dan jumlah media publikasi yang digunakan |
15 |
||
PENILAIAN
PELAKSANAAN ACARA |
|||
4 |
Peserta |
-
Jumlah peserta yang hadir |
16 |
5 |
Acara |
-
Kesesuaian waktu realisasi program kerja dengan
rancangan waktu pelaksanaan |
30 |
-
Kesesuaian kegiatan dengan kebutuhan yang diperlukan mahasiswa |
20 |
||
-
Kinerja panitia dalam pelaksanaan acara |
25 |
||
-
Kesesuaian TIK konsep dengan eksekusi program
kerja |
15 |
||
PENILAIAN
PASCA ACARA |
|||
6 |
Acara |
-
Tujuan dari acara tercapai |
21 |
7 |
Publikasi |
-
Press release acara pasca
realisasi program kerja |
10 |
8 |
Dana |
- Kondisi
pendanaan pasca pelaksanaan program kerja disesuaikan dengan anggaran yang
telah ditentukan (Jika dalam
kepanitiaan terdapat bazaar dan atau sponsorship, maka skor semakin tinggi
apabila surplus, dan semakin rendah apabila defisit. Jika dalam kepatitiaan
tidak terdapat keduanya, maka skor semakin rendah apabila rentang
surplus/defisit semakin jauh dari 0 dan semakin tinggi apabila mendekati 0) |
20 |
9 |
Laporan Pertanggung Jawaban |
- Kesesuaian
waktu (Bila evaluasi dilaksanakan tidak
berselang terlalu lama dengan waktu pelaksanaan. Semakin panjang rentang
waktu evaluasi, skor semakin rendah) |
14
|
-
Jumlah kehadiran panitia saat evaluasi |
25 |
||
|
|
-
Kesesuaian waktu pengumpulan LK |
10 |
|
|
-
Kesesuaian waktu penyelesaian dan pembagian
sertifikat jika ada |
10 |
Total |
291 |
1. Lebih di gencarkan publikasi panitia Fimnasnya, karena untuk panitia fimnas tahun ini tidak ada regenerasi panitia dari maba (angkatan 20)
2. Untuk koordinasi antar panitia lebih ditingkatkan lagi
3. Panitia lebih tanggap pada saat ada kendala di acara
B. PESERTA
REKAPAN ANGKET FIMNAS
Ada 12 responden dari
angket yang disebar (banyaknya responden kemungkinan disebabkan karena terlambatnya
penyebaran angket).
1.
Tujuan FIMNAS positif
·
83,3% memilih sangat setuju
·
16,7% memilih setuju
2.
Anda merasa puas dengan pelaksanaan
acara secara keseluruhan
·
50% memilih sangat setuju
·
50% memilih setuju
3.
Acara dilaksanakan tepat waktu
·
50% memilih sangat setuju
·
41,7% memilih setuju
·
8,3% memilih tidak setuju
4.
Pemilihan tempat pelaksanaan tepat
·
33,3% memilih sangat setuju
·
58,3% memilih setuju
·
8,3% memilih tidak setuju
5.
Acara berjalan sesuai yang anda harapkan
·
25% memilih sangat setuju
·
50% memilih setuju
·
25% memilih tidak setuju
6.
Panitia berjalan secara maksimal selama
pelaksanaan acara
·
41,7% memilih sangat setuju
·
58,3% memilih setuju
7.
Panitia melayani dengan baik dan ramah
·
41,7% memilih sangat setuju
·
58,3% memilih setuju
8.
Acara fimnas memberikan manfaat bagi
anda
·
66,7% memilih sangat setuju
·
33,3% memilih setuju
9.
Informasi mengenai acara ini mudah
didapatkan
· 33,3%
memilih sangat setuju
· 66,7%
memilih setuju
10.
Acara FIMNAS berjalan dengan baik
menurut anda
·
33,3% memilih sangat setuju
·
58,3% memilih setuju
·
8,3% memilih tidak setuju
11.
Apa manfaat yang anda peroleh dengan
mengikuti acara ini?
I.
Menambah wawasan
II.
Dengan mengikuti acara ini saya mendapat
pengalaman baru tentang model soal/pengembangannya
III.
Penambah pengetahuan tentang macam-macam
bentuk soal
IV.
Menambah pengetahuan saya
V.
Manambah pengetahuan tentang soal-soal
olim mat
VI.
Menambah pengetahuan dan juga pengalaman
dalam melaksanakan olimpiade/lomba matematika
VII.
Mengasah kemampuan matematika
VIII.
Saya jadi lebih mengetahui lebih detail
olimpiade itu seperti apa, dan lebih tahu secara luas tentang latihan-latihan
soal olimpiade
IX.
Menambah pengetahuan
X.
Menambah pengalaman baru.
12.
Bagaimana pelayanan yang diberikan
panitia?
a. Baik
b. Baik,
panitia cukup ramah
c. Cukup
baik
d. Sangat
baik, panitianya sangat ramah dan sabar
e. Panitia
memberikan pelayanan dengan baik dan ramah
f. Panitia
ramah dan cepat tanggap selama membimbing acara
g. Cukup
bagus, mereka ramah dan sigap, dan dapat memberikan solusi
h. Lumayan
i.
Sangat baik dan berjalan dengan lancer
j.
Bagus
13.
Kritik dan saran
a. Buat
kakak panitia, ramah itu gak merugikan lo. Lebih ramah lagi kak. Apalagi
kemaren yang dihadapi itu para orang tua, itu saran dari saya. Mohon maaf apabila
ada salah ketik (kurang berkenan). Terimakasih sebelumnya
b. Kegiatan
ini dapat memberikan peluang bagi orang-orang yang ingin mempelajari matematika
lebih jauh lagi
c. Terjadi
keterlambatan saat lomba berlangsung, harapan saya semoga kedepannya bisa lebih
baik lagi dan semoga kami yang ingin mengikuti lomba bisa mendapat
informasi-informasi lebih jelas
d. Informasi
mengenai acaranya perlu ditingkatkan lagi
e. Tidak
ada, semua berjalan dengan baik
f. Sebaiknya
alur daftarnya tidak terlalu ribet atau sulit seperti yang lalu.
g. Sekiranya
belum ada. Terus kembangkan dan pertahankan
h. Semoga
bisa lebih baik
i.
Untuk penyelenggaraan secara online
menurut saya kurang baik. Soalnya pelaksanaan rawan terjadi kecurangan. Untuk
kedepannya semoga bisa secara offline seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk
pelayanan dari pihak FIMNAS sudah baik, tinggal ditingkatkan lagi. Terimakasih
j.
Terimakasih telah menyelenggarakan acara
k. Nothing
l.
mantap
TATA
CARA PENILAIAN
a. Penilaian
kepanitian acara dilakukan dengan metode scoring
dengan rumus sebagai berikut :
b. Penilaian
peserta menggunakan metode angket, peserta memilih jawaban yang disediakan
dalam angket.
JAWABAN |
BOBOT |
Sangat
Setuju (SS) |
4 |
Setuju
(S) |
3 |
Tidak
Setuju (TS) |
2 |
Sangat
Tidak Setuju (STS) |
1 |
c. Penilaian
akhir dilakukan dengan cara :
Setelah skor akhir
didapatkan, skor diklasifikasikan ke dalam skala berikut :
SKOR |
Kategori |
0
– 20 |
Sangat
Buruk |
21
– 40 |
Buruk |
41
- 60 |
Cukup |
61
- 80 |
Baik |
81
- 100 |
Sangat
Baik |
|
|
0 komentar