STANDAR PENILAIAN PROGRAM KERJA HIMATIKA 2019
By BPH matematika - Sabtu, Juni 29, 2019
STANDAR
PENILAIAN PROGRAM KERJA
A.
KEPANITIAAN
Kepanitian
program kerja dinilai dengan indicator sebagai berikut:
PENILAIAN PRA ACARA
|
|||
No
|
FAKTOR
|
INDIKATOR YANG DINILAI
|
BOBOT
|
1
|
Kepanitiaan
|
- Kepanitiaan dilaunching
minimal 3 minggu sebelum pelaksanaan program kerja.
|
15
|
- Pemberitahuan pengadaan kegiatan oleh panitia
acara kepada Badan Pengawas Himatika FMIPA Unnes.
|
10
|
||
2
|
Dana
|
- Proporsi jumlah dana yang digunakan
|
20
|
- Kesesuaian sumber dana yang digunakan
(Jika dana yang
digunakan dari sponsor atau danus lebih besar maka diberikan skor yang besar,
jika dana yang digunakan dari dana kemahasiswaan lebih besar maka diberikan
nilai yang semakin kecil. Jika tidak ada sponsorship atau danus, diberi skor
0*))
|
0
|
||
3
|
Sosialisasi Acara
|
- Publikasi acara
|
15
|
- Macam dan jumlah media publikasi yang digunakan
|
12
|
||
PENILAIAN PELAKSANAAN ACARA
|
|||
4
|
Peserta
|
- Jumlah peserta yang hadir
|
20
|
5
|
Acara
|
- Kesesuaian waktu realisasi program kerja dengan rancangan
waktu pelaksanaan
|
25
|
- Kesesuaian kegiatan dengan kebutuhan yang diperlukan mahasiswa
|
20
|
||
- Kinerja panitia dalam pelaksanaan acara
|
15
|
||
- Kesesuaian TIK konsep dengan eksekusi program kerja
|
15
|
||
PENILAIAN PASCA ACARA
|
|||
6
|
Acara
|
- Tujuan dari acara tercapai
|
20
|
7
|
Publikasi
|
- Press release acara
pasca realisasi program kerja
|
5
|
8
|
Dana
|
- Kondisi pendanaan pasca pelaksanaan program kerja disesuaikan
dengan anggaran yang telah ditentukan
(Jika dalam
kepanitiaan terdapat bazaar dan atau sponsorship, maka skor semakin tinggi
apabila surplus, dan semakin rendah apabila defisit. Jika dalam kepatitiaan
tidak terdapat keduanya, maka skor semakin rendah apabila rentang
surplus/defisit semakin jauh dari 0 dan semakin tinggi apabila mendekati 0)
|
20
|
9
|
47
|
- Kesesuaian waktu
(Bila
evaluasi dilaksanakan tidak berselang terlalu lama dengan waktu pelaksanaan.
Semakin panjang rentang waktu evaluasi, skor semakin rendah)
|
15
|
- Jumlah kehadiran panitia saat evaluasi
|
20
|
||
Total
|
247
|
*)Pada tata cara penilaian, nilai pembagi diubah menjadi 2,8.
Kelebihan pelaksanaan program kerja:
1.
Terdapat progres dibanding tahun lalu dalam
pemilihan jenjang sekolah.
2.
Sesuai dengan prospek jurusan matematikaterutama
pendidikan matematika.
3.
Fasilitas motor untuk tentor tercukupi.
Kekurangan pelaksanaan program kerja:
1.
Publikasi acara melebihi waktu yg seharusnya.
2.
Perubahan jadwal yang mendadak.
3.
Kurangnya koordinasi dengan pihak sekolah.
4.
Ada
beberapa kelas yang perlengkapannya kurang.
B.
PESERTA
Peserta
acara dinilai melalui angket sebagai berikut :
No
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Tujuan acara
ini positif
|
IIIIIIIII
(100%)
|
(0%)
|
(0%)
|
(0%)
|
2
|
Anda merasa
puas dengan pelaksanaan acara secara keseluruhan
|
(0%)
|
IIIIIIII
(89%)
|
I
(11%)
|
(0%)
|
3
|
Hari
pelaksanaan acara tepat
|
II
(22%)
|
IIIII
(56%)
|
I
(11%)
|
I
(11%)
|
4
|
Acara
dilaksanakan tepat waktu
|
(0%)
|
IIIIIII
(78%)
|
II
(22%)
|
(0%)
|
5
|
Pemilihan
tempat pelaksanaan tepat
|
I
(13%)
|
III
(37%)
|
III
(37%)
|
I
(13%)
|
6
|
Fasilitas
tempat pelaksanaan dapat digunakan dengan baik
|
I
(11%)
|
IIIIIIII
(89%)
|
(0%)
|
(0%)
|
7
|
Acara
berjalan sesuai dengan yang anda harapkan
|
(0%)
|
IIIIII
(67%)
|
II
(22%)
|
I
(11%)
|
8
|
Panitia
bekerja dengan maksimal selama pelaksanaan acara
|
I
(13%)
|
IIIIII
(74%)
|
I
(13%)
|
(0%)
|
9
|
Panitia
melayani dengan baik dan ramah
|
I
(11%)
|
IIIIIIII
(89%)
|
(0%)
|
(0%)
|
10
|
Biaya yang
anda keluarkan sepadan dengan hasil yang anda peroleh
|
III
(33%)
|
IIIIII
(67%)
|
(0%)
|
(0%)
|
11
|
Acara ini
memberikan manfaat pada anda
|
IIIIII
(67%)
|
III
(33%)
|
(0%)
|
(0%)
|
12
|
Informasi
mengenai acara ini mudah didapatkan
|
II
(22%)
|
IIIIIII
(78%)
|
(0%)
|
(0%)
|
13
|
Acara
seperti ini harus sering diadakan
|
IIIII
(56%)
|
IIII
(44%)
|
(0%)
|
(0%)
|
1.
Apa manfaat yang Anda
peroleh dengan mengikuti acara ini?
-Keberanian,jam
terbang, dan teknik dalam mengajar
-Kerjasama atau
koordinasi
-Teman dan
pengalaman baru
2.
Bagaimana pelayanan yang
diberikan panitia?
-Lumayan
-Cukup baik
-Baik sih
-Sangat baik
-Waktu mepet
sama jam masuk
3.
Kritik dan saran
-Kurang
koordinasi mengenai jadwal
-Waktu nya
kurang pas
-Tempat
pelaksanaan kurang tepat (sepi)
-Kegiatan ngaret
-Peserta sedikit
4.
Saran
-Dilaksanakan
tiap tahunnya
-Jangan ngaret
-Persiapan lebih
matang
-Lebih banyak
mahasiswa
-Lebih
koordinasi mengenai jadwal baik dengan tentor maupun pihak sekolah
TATA CARA PENILAIAN
a. Penilaian kepanitian acara dilakukan dengan metode scoring dengan rumus sebagai berikut :
Skor Kepanitiaan =
b. Penilaian peserta menggunakan metode angket,
peserta memilih jawaban
yang disediakan dalam angket.
JAWABAN
|
BOBOT
|
SangatSetuju
(SS)
|
4(13,92)
|
Setuju
(S)
|
3(24,03)
|
TidakSetuju
(TS)
|
2(2,3)
|
SangatTidakSetuju
(STS)
|
1(3,5)
|
Skor Peserta =
x 100=
c. Penilaian akhir dilakukan dengan cara
:
Skor akhir =
Setelah skor akhir didapatkan, skor diklasifikasikan kedalam skala berikut :
SKOR
|
Kategori
|
0
– 20
|
SangatBuruk
|
21
– 40
|
Buruk
|
41
- 60
|
Cukup
|
61
- 80
|
Baik
|
81
- 100
|
SangatBaik
|
0 komentar