HASIL PENILAIAN SRJM 2019
By BPH matematika - Sabtu, Juni 29, 2019
STANDAR
PENILAIAN PROGRAM KERJA
A.
KEPANITIAAN
Kepanitian
program kerja dinilai dengan indicator sebagai berikut:
PENILAIAN
PRA ACARA
|
|||
No
|
FAKTOR
|
INDIKATOR
YANG DINILAI
|
BOBOT
|
1
|
Kepanitiaan
|
-
Kepanitiaan dilaunching minimal 3 minggu sebelum
pelaksanaan program kerja.
|
15
|
-
Pemberitahuan pengadaan
kegiatan oleh panitia acara kepada Badan Pengawas Himatika FMIPA
Unnes.
|
15
|
||
2
|
Dana
|
-
Proporsi jumlah dana yang
digunakan
|
20
|
-
Kesesuaian sumber dana yang
digunakan
(Jika dana
yang digunakan dari sponsor atau danus lebih besar maka diberikan skor yang
besar, jika dana yang digunakan dari dana kemahasiswaan lebih besar maka
diberikan nilai yang semakin kecil. Jika tidak ada sponsorship atau danus,
diberi skor 0*))
|
|||
3
|
Sosialisasi Acara
|
-
Publikasi acara
|
15
|
-
Macam dan jumlah media
publikasi yang digunakan
|
12
|
||
PENILAIAN
PELAKSANAAN ACARA
|
|||
4
|
Peserta
|
-
Jumlah peserta yang hadir
|
20
|
5
|
Acara
|
-
Kesesuaian waktu realisasi
program kerja dengan rancangan waktu pelaksanaan
|
30
|
-
Kesesuaian kegiatan dengan
kebutuhan yang diperlukan mahasiswa
|
20
|
||
-
Kinerja panitia dalam
pelaksanaan acara
|
14
|
||
-
Kesesuaian TIK konsep dengan
eksekusi program kerja
|
15
|
||
PENILAIAN
PASCA ACARA
|
|||
6
|
Acara
|
-
Tujuan dari acara tercapai
|
20
|
7
|
Publikasi
|
-
Press
release
acara pasca realisasi program kerja
|
10
|
8
|
Dana
|
-
Kondisi pendanaan pasca
pelaksanaan program kerja disesuaikan dengan anggaran yang telah ditentukan
(Jika dalam
kepanitiaan terdapat bazaar dan atau sponsorship, maka skor semakin tinggi
apabila surplus, dan semakin rendah apabila defisit. Jika dalam kepatitiaan
tidak terdapat keduanya, maka skor semakin rendah apabila rentang
surplus/defisit semakin jauh dari 0 dan semakin tinggi apabila mendekati 0)
|
17
|
9
|
Evaluasi
|
-
Kesesuaian waktu
(Bila evaluasi
dilaksanakan tidak berselang terlalu lama dengan waktu pelaksanaan. Semakin
panjang rentang waktu evaluasi, skor semakin rendah)
|
11
|
-
Jumlah kehadiran panitia saat
evaluasi
|
8
|
||
Total
|
242
|
Kelebihan pelaksanaan program kerja:
1.
Terdapat progres dibanding tahun lalu dalam pemilihan jenjang sekolah.
2. Sesuai dengan prospek jurusan matematikaterutama
pendidikan matematika.
3. Fasilitas motor untuk tentor tercukupi.
Kekurangan pelaksanaan program kerja:
1.
Publikasi acara melebihi waktu yg seharusnya.
2. Perubahan jadwal yang mendadak.
3. Kurangnya koordinasi dengan pihak sekolah.
4. Ada beberapa kelas
yang perlengkapannya kurang.
B.
PESERTA
Peserta
acara dinilai melalui angket sebagai berikut :
ANGKET KEPUASAN
PROGRAM KERJA KEGIATAN
HIMATIKA FMIPA UNNES
|
|||||
No
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Tujuan acara ini positif
|
40
|
2
|
||
2
|
Anda merasa puas dengan pelaksanaan
acara secara keseluruhan
|
11
|
26
|
4
|
1
|
3
|
Hari pelaksanaan acara tepat
|
8
|
22
|
12
|
|
4
|
Acara
dilaksanakan tepat waktu
|
5
|
25
|
13
|
|
5
|
Pemilihan tempat pelaksanaan tepat
|
8
|
29
|
5
|
|
6
|
Fasilitas tempat pelaksanaan dapat digunakan dengan baik
|
6
|
32
|
4
|
|
7
|
Acara berjalan sesuai dengan
yang anda harapkan
|
11
|
27
|
4
|
|
8
|
Panitia bekerja dengan maksimal selama pelaksanaan
acara
|
13
|
28
|
1
|
|
9
|
Panitia melayani dengan baik dan ramah
|
15
|
26
|
1
|
|
10
|
Biaya yang anda keluarkan sepadan dengan hasil
yang Anda peroleh
|
20
|
20
|
2
|
|
11
|
Acara ini memberikan manfaat bagi Anda
|
26
|
16
|
||
12
|
Informasi mengenai
acara ini mudah didapatkan
|
15
|
25
|
2
|
|
13
|
Acara seperti ini harus sering diadakan
|
21
|
17
|
4
|
1.
Apa manfaat yang
Anda peroleh dengan mengikuti
acara ini?
– Mengetahui tentang kurikulum
-
Paham apa yang dikeluh kesahkan yang ada di jurusan matematika
-
Mengetahui beberapa peraturan mengenai akademik
-
Mengetahui tentang sistem
di jurusan
-
Mengenal lebih dalam tentang jurusan
-
Mengetahui aspirasi dari mahasiswa dan respon dosen
-
Mengetahui kritik dari dosen kemahasiswa dan sebaliknya
-
Dapat menyampaikan aspirasi
-
Mengetahui hal-hal yang masih sering dibingungkan,
jadi lebih paham
-
Mengerti apa yang diharapkan baik dari mahasiswa maupun dosen
-
Dapat menyampaikan masalah mahasiswa dan diberi solusi oleh dosen begitu sebaliknya
-
Mengetahui info
terbaru jurusan
-
Bersilaturahmi dengan teman beda angkatan dan bapak/ibu dosen
-
Mengetahui situasi dan kondisi di sekitar jurusan matematika
-
Dapat berkomentar langsung mengenai sarana dan prasarana serta pembelajaran di jurusan matematika
-
Lebih tau
tentang perkuliahan dengan adanya interaksi antar mahasiswa dan dosen
-
Mengetahui alas an kebijakan pemeblajaran di jurusan matematika seperti belajar online
-
Mengetahui fasilitas yang tidak digunakan dan berfungsi
-
Ada waktu untuk diskusi bersama dosen
-
Kurang, karena mahasisawa matematika kurang sefase
, gak bareng-bareng satu suara
-
Mengetahui kritik dan saran dari dosen untuk mahasiswa
-
Dapat lebih mengenal karakter dosen dan tenaga didik
-
Mengetahui dan menyelesaikan problema yang dihadapi dosen dan mahasiswa
-
Mengetahui kebijakan-kebijakan jurusan
-
Dapat menyampaikan kritik, saran, masukan mengenai perkuliahan,
sarana, dan prasarana di jurusan matematika
-
Mengetahui
system kerjad osen, mahasiswa
di jurusan matematika
-
Dapat menyalurkan keluhan dan aspirasi sebagai mahasiswa matematika
-
Menjadi lebih tau tentang masalah jurusan matematika
2.
Bagaimana pelayanan
yang diberikan panitia?
– Mantap
-
Semangat, baik
-
Cukup
-
Sangat ramah, murah senyum, memberikan fasilitas baik
-
Peserta banyak berarti promosinya berjalan dengan baik,
pelayanan baik, panitia ramah
-
Ramah, baik
-
Panitia ramah, sangat baik, memberikan suguhan dan tempat duduk
yang baik
-
Panitia gercep
-
Panitia sudah melayani dengan baik
-
Baik, kece,
tidak usah kebanyakan baca hasil angket
-
Sudah baik, untuk tempat lebih diperhatiakan lagi karena kursi
yang disedikan untuk peserta terbatas
-
Panitia sudah cukup baik, ramah, sudah cukup tanggap
3.
Kritik dan
Saran
– Ngomongin selain prestasi
-
Untuk SRJM 2019
tolong dalam pencarian tempat lebih diperhatikan lagi
-
Posisinya kurang pas
-
Tahun depan acara dilaksanakan tepat waktu
-
Alangkah baiknya moderator yang sudah lancer dalam acara seperti ini
-
PPT stastistik bagian keterangan
di perbaiki jangan 1, 2, 3,
4 tapi ditulis baik,
sangatbaik, dll
-
Tingkatkan lagi acaranya
-
Makanan nambah dong
-
Pelaksanaan molor sehingga waktunya kurang efektif
-
Fasilitas buat peserta ditambahi
-
Semoga acara ini dapat dilaksanakan
1 semester 2 kali
-
Pembacaan data
di ppt lebih diperindah
agar jelas
-
Acara diadakan lebih
“attractive” lagi agar tidak monoton
-
Kursinya ditambah, cukupbaik menggunakan bahasa jawa
-
Bisa diperkirakan lagi berapa jumlah peserta dankursi yang disediakan
-
Waktu pelaksanaan harus sesuai
-
Penataan kursi lebih disesuaikan dengan perkiraan banyaknya peserta
yang akan hadir
-
Kumpulkanm ahasiswa mat untuk menyampaikan apa yang urgent, yang kita butuhkan, breafing dulu, banyakin diskusi
-
Lebih focus pada tujuan acara ini
-
Hal yang dibahas spesifik
-
Lebih dibnyakin kursi untuk tempat duduk mahasiswa
-
Penayangan video dengan narrator hamper
bebarengan
-
Ppt lebih dijelaskan secara rinci,
memperhatikan tempat,
gencarkan publikasi karna yang dating belum mewakili mahasiswa matematika (hanya angkatan tertentu saja)
-
Backdrop miring,
penanyangan statistic perlu keterangan tambahan
-
Penataan tempat duduk audien bias ditata kembali
-
Acaranya sudah baik,
pemilihan hari kurang tepat sehingga bapak/ibu dosen tidak bias hadir seluruhnya
-
Konsepan diskusi kurang mengalir
-
Pelaksanaan hari jangan saat ada kuliah
-
Acara dilaksanakan tidak di hari kuliah
-
Cari hari pelaksanaan
yang pas
-
Waktu untuk diskusi
di perbanyak
-
Hari pelaksanakan kurang tepat,
mohon diperbaiki
-
Ppt Indonesia
raya, kata negri itu salah yang benar negeri
-
Persiapan panitia kurang pada saat pembukaan
TATA CARA PENILAIAN
a. Penilaian kepanitian acara dilakukan dengan metode scoring dengan rumus sebagai berikut :
Skor Kepanitiaan =
b. Penilaian peserta menggunakan metode angket,
peserta memilih jawaban
yang disediakan dalam angket.
JAWABAN
|
BOBOT
|
SangatSetuju
(SS)
|
4
|
Setuju
(S)
|
3
|
TidakSetuju
(TS)
|
2
|
SangatTidakSetuju
(STS)
|
1
|
Skor Peserta =
x 100=
c. Penilaian akhir dilakukan dengan cara
:
Skor akhir =
Setelah skor akhir didapatkan, skor diklasifikasikan kedalam skala berikut :
SKOR
|
Kategori
|
0
– 20
|
SangatBuruk
|
21
– 40
|
Buruk
|
41
- 60
|
Cukup
|
61
- 80
|
Baik
|
81
- 100
|
SangatBaik
|
0 komentar